1. Perusahaan
– Perusahaan Indonesia yang mempunyai produk yang mampu bersaing di tingkat
Dunia?
2. Mengapa
persaingan itu penting dan sebutkan perusahaan – perusahaan yang ada di
Indonesia yang merupakan perusahaan market leader, market challenger, dan
market follower?
Jawaban
1. PT Mayora – Produk = Biskuit Roma
PT wings – Produk = Soklin deterjen
dan Daia
PT Kaki Mas Gemilang – produk =
Energen
PT Sasa Inti – produk = Micin
2. Dalam dunia
usaha, persaingan usaha sangatlah wajar, justru dengan adanya persaingan usaha
yang baik dan sehat akan menimbulkan dampak positif bagi perekonomian negara.
Persaingan usaha juga dapat stimulus produktifitas dan inovasi, harga yang
tercipta juga semakin kompetitif dan puncaknya dapat mendorong daya saing yang
lebih kokoh.
·
a. Market Leader
Kecap Bango
Perusahaan yang menjadi market
leader adalah perusahaan yang memimpin pangsa pasar di Indonesia, seperti kecap
Bango yang pangsa pasarnya besar, dan orang-orang lebih memilih kecap bango,
sehingga kecap Bango menjadi pemimpin pasar Kecap di indonesia
· b. Market Challenger
Kecap ABC
Perusahaan yang menjadi market
Challenger adalaah perusahaan yang mampu membuat produk yang dapat menyaingi
produk yang pangsa pasarnya teratas, seperti kecap ABC mampu bersaing dengan
Kecap Bango. Kecap ABC juga dapat berpeluang untuk menjadi Market Leader,
· c. Market Follower
Kecap Cap Maja Menjangan
Perusahaan yang menjadi market
follower adalah perusahaan yang hanya membuat produk tapi tidak mempengaruhi
pangsa pasar, sehingga produk market Leader tidak merasa disaingi oleh produk
follower tersebut
Contoh perusahaan kecap yang menjadi market nicher
BalasHapus