Rabu, 07 November 2018

Manajemen Pemasaran Contoh Market leader, market challenger dan market follower


1.     Perusahaan – Perusahaan Indonesia yang mempunyai produk yang mampu bersaing di tingkat Dunia?

2.     Mengapa persaingan itu penting dan sebutkan perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia yang merupakan perusahaan market leader, market challenger, dan market follower?



Jawaban


              1. PT Mayora – Produk = Biskuit Roma

PT wings – Produk = Soklin deterjen dan Daia

PT Kaki Mas Gemilang – produk = Energen

PT Sasa Inti – produk = Micin



   2.  Dalam dunia usaha, persaingan usaha sangatlah wajar, justru dengan adanya persaingan usaha yang baik dan sehat akan menimbulkan dampak positif bagi perekonomian negara. Persaingan usaha juga dapat stimulus produktifitas dan inovasi, harga yang tercipta juga semakin kompetitif dan puncaknya dapat mendorong daya saing yang lebih kokoh.

·        
       a. Market Leader

Kecap Bango

Perusahaan yang menjadi market leader adalah perusahaan yang memimpin pangsa pasar di Indonesia, seperti kecap Bango yang pangsa pasarnya besar, dan orang-orang lebih memilih kecap bango, sehingga kecap Bango menjadi pemimpin pasar Kecap di indonesia


·      b. Market Challenger

Kecap ABC

Perusahaan yang menjadi market Challenger adalaah perusahaan yang mampu membuat produk yang dapat menyaingi produk yang pangsa pasarnya teratas, seperti kecap ABC mampu bersaing dengan Kecap Bango. Kecap ABC juga dapat berpeluang untuk menjadi Market Leader, 


·       c. Market Follower

Kecap Cap Maja Menjangan

Perusahaan yang menjadi market follower adalah perusahaan yang hanya membuat produk tapi tidak mempengaruhi pangsa pasar, sehingga produk market Leader tidak merasa disaingi oleh produk follower tersebut

1 komentar: